Minggu, 20 Februari 2011

cara aman dari hacker facebook



Untuk mewaspadai karena sangat Maraknya aktivitas Hacker di Facebook akhir-akhir ini, saya akan merekomendasikan anda untuk menambah keamanan account anda, saya akan memberi sedikit tips untuk pengamanan account Facebook yang anda miliki agar tidak menjadi korban ulah hacker yang jahat.
1. Jangan pernah gunakan password yang sama antara Facebook dan email utama yang anda miliki. (ini kasus terbanyak korban hacker di Indonesia yaitu korbannya menggunakan password yang sama antara email dan akun di Facebook).

2. Gunakan lebih dari 1 email untuk 1 akun Facebook, karena untuk recogvery ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. misalnya: akun "Facebook.com/injection" email 1: injection@yahoo.com; email 2: injection@gmail.com.


3. Kalau bisa gunakan tautan Facebook ke akun-akun lain seperti blogger, twiter, ID google, dll atau tautkan Facebook dengan nomer Handphone (Facebook mobile).
misalnya : akun"Facebook.com/injection" akun tertaut, ID google : injectionski, twitter : skiinjection, dll

4. Ingat selalu email dan password email Facebook yang anda miliki. Ingat kepemilikan Facebook tertaut sangat kuat dengan email pertama ketika akun anda dibuat. Jika memungkinkan lakukan pergantian password secara berkala, atau sering-seringlah mengechek inbox email anda, jangan sampai email anda dideaktifkan karena tidak pernah dibuka lebih dari beberapa bulan. Dengan dideaktifkan email maka, kepemilikan Facebook akan mengambang karena tidak punya email utama, dan sangat riskan untuk diambil alih orang lain.

5. Sebisa mungkin pada email default (email utama) yg terkait dengan facebook, terdapat email recogvery yg lebih dari 1 email atau recogvery email tersebut dengan nomer handphone anda. Dalam alternatif ini pertanyaan lupa password bisa menjadi pilihan tapi tetap gunakan recogvery ke email lain yang lebih kuat.

6. Jika memungkinkan salah satu email default adalah Gmail.com yg lebih aman dari hacker. karena aktivitas hacker pertama dideteksi di yahoo.com. disini bukan berarti email di yahoo tidak aman, tapi menurut pengalaman, google support lebih cepat tanggap ketika terjadi sesuatu dengan pengaturan akun email anda.

7. Jangan mudah percaya tawaran gratis yang menjanjikan sesuatu ke anda, atau hal-hal yg berbau porn di Facebook atau situs lain, banyak tipuan yang berlalu-lalang di dunia maya.

8. Jangan berikan password pada siapapun, walaupun anda bisa ganti pasword Facebook setiap saat, tapi orang yangg bisa buka Facebook bisa menanamkan sesuatu untuk mereset paswordnya. (salah satunya dengan menggunakan pertanyaan lupa password)

9. Jangan mudah mengklik link-link yg tdk dikenal. Entah dari Chat, Wall, Inbox dll. untuk pengamanan rekomendasi broser yang digunakan adalah google crome. alternatif lain buka link tersebut di broser lain ketika kamu sedang Online Facebook di PC. misalnya : kalian online Facebook di Mozzila Firefox, ketika ada yang kasih link suatu situs buka link tsb di Crome, dengan cara klik kanan link, copy link location kemudian paste di Chrome.

10. Kalau di warnet biasakan untuk selalu membersikan cookies setelah selesai logout dr acount Facebook di broser yg anda pakai, kasus hack ini terjadi karena ada orang yang menanamkan software khusus di komputer itu yang mampu menyimpan password yang anda masukkan. (biasanya yang nge-hack itu orang dalam warnet atau orang yang sama-sama di warnet itu).

11. Pada pengaturan privasi Facebook, usahkan untuk menyembunyikan email anda (Seting ke -> Hanya Saya), email adalah senjata utama setiap akun anda di dunia maya, ketika email tersebut jatuh ke tangan tidak bertanggungjawab maka hilanglah identitas anda di dunia maya yang kejam ini.
Selamat mencoba semoga info ini bermanfaat buat anda dan bisa menjamin ketenangan anda untuk bermain Facebook ria.

SALAM DAMAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar